27 Apr 2009

JK Oh JK


5 tahun terakhir Inisial SBY-JK bisa jadi adalah initial paling populer di negeri ini. Semua orang tak perduli apapun latar belakangnya pasti tahu siapa orang dibalik initial nama tersebut.
Intinya, SBY-JK adalah sebuah ikon dengan tingkat popularitas sangat tinggi dan hanya bisa di saingi oleh ikon populer lainnya seperti BCL alias BUNGA CITRA LESTARI!!!

Tapi apakah SBY-JK benar-benar populer? saya yakin begitu sampai pada suatu hari anak bungsu saya yang saat itu belum genap 7 tahun bertanya pada saya dengan ekspresi mengantuk, maklum dia sudah sempat tertidur selama beberapa jam sebelum terbangun dan teringat pertanyaan yang tampaknya sudah mengganggu pikirannya selama beberapa waktu.

Sambil menggaruk-garuk kepalanya seperti yang biasa dilakukan anak-anak saat mengantuk si kecil mendekati saya dan suami yang saat itu sedang menonton televisi dan bertanya "Mi, JK itu APAAN sih?" saya yang belum terlalu mengerti arah pertanyaan itu bertanya balik dengan menekankan apa JK yang dimaksud supaya tidak salah memberi jawaban. Si kecil menjawab dengan nada kesal sambil mengkerucutkan bibirnya yang mungil "Itu tuh mi.....JK yang temannya SBY!!".

Sambil menahan tawa saya menjawab bahwa JK yang dimaksud adalah Jusuf Kalla yang dibalas dengan cepat oleh sikecil dengan kata-kata "Jusuf Kalla yang wakil presiden itu?" yang saya ingat saya jawab dengan anggukan. Si kecil kembali menggaruk kepalanya dan berbalik pergi sambil berucap "Kalo yang itu sih Dede kenal. Pake JK...JK segala!". Setelah mengetahui fakta siapa orang dibalik JK si kecil pun kembali ke kamarnya dan tidur dengan wajah puas.

Saya tidak tahu apa saya harus kasihan pada JK atau orang yang mengangkat ide untuk menginisialisasi namanya. Karena ternyata, kepopuleran JK belum menyentuh semua lapisan. Mungkin JK harus bersyukur diberi nama sebagus Jusuf Kalla oleh orantuanya karena sepopuler apapun singkatan namanya.....dia tetap Jusuf Kalla yang diingat orang-orang. Lagi pula kasihan juga orangtuanya udah selamatan pakai bubur merah putih kok diganti-ganti.

2 komentar:

  1. Haha...
    Pertanyaan yg pinter banget! Tp emang barangkali bhs kita adalah yg paling banyak memakai singkatan, siswa-siswa saya pun sering mengeluh bingung dgn banyaknya singkatan dlm hal sehari-hari selama mrk di Indonesia..
    Bahkan pernah kejadian saat saya menyebut JK, siswa saya mengira saya lg ngomongin JK. Rowling... please deh! :)

    BalasHapus
  2. Mungkin statement lain dari si bungsu saya adalah...."itu tuh JK yang temannya Harry Potter"!

    BalasHapus