24 Jul 2009

"BOYS BEFORE FLOWERS' dan "SIAPA TAKUT JATUH CINTA"



Anda pernah dengar atau nonton drama seri METEOR GARDEN (MG) yang sempat bikin heboh sekitar tahun 2001-2002? Demam F4 yang mewabah dengan cepat dan membuat bukan hanya DVD dari serial tersebut tapi juga lagu-lagu yang mereka nyanyikan (dengan kualitas suara yang luar biasa pas-pasan) laris manis diburu penggemar yang kebanyakan adalah kaum hawa belasan tahun.

F4 memang fenomenal! Tidak hanya membuai penonton dengan keberuntungan (atau ketidak beruntungan) seorang gadis miskin bernama Shan Cai yang (kebetulan) ditaksir Dao Ming Si, putra seorang TYCOON yang juga pentolan geng "cowok cantik" tapi juga mengangkat popularitas Jerry Yan dan kawan-kawan yang saat itu belum terkenal hingga menjulang setinggi langit.

Tahun 2009 ini, histeria itu kembali terulang. Drama TV BOYS BEFORE FLOWERS (BBF) yang merupakan versi lain METEOR GARDEN dan tetap mengusung nama F4 yang merupakan kelompok remaja pria kaya dan manja yang tiba-tiba berubah menjadi malaikat pelindung bagi seorang putri seorang tukang laundry yang miskin bernama Geum Jan Di. BBF yang produksi Korea seperti halnya MG yang merupakan produksi Taiwan menangguk sukses tidak hanya di negara aslinya tapi juga diseluruh Asia bahkan dunia, mengalahkan versi aslinya HANA YORI DANGO yang diproduksi di Jepang dan diangkat dari komik berjudul sama. Kim Hyun Joong, si pemeran Jihoo Sunbae, meskipun bukan pemeran utama dalam serial ini (pemeran utamanya bernama Gu Jun Pyo yang diperankan oleh Lee Min Ho yang tampangnya sekilas mirip dengan Jerry Yan si pemeran Dao Ming Si) menjadi tokoh favorit dan mencatatkan namanya sebagai aktor terbaik pemenang award yang tentunya menambah panjang catatan prestasinya yang sebelumnya sudah dikenal sebagai leader dari sebuah boy band paling populer di Korea Selatan saat ini.

Tapi apakah kita semua sadar bahwa sebenarnya Indonesia pun memiliki versi lain dari HANA YORI DANGO atau METEOR GARDEN, atau BOYS BEFORE FLOWERS. Bahkan Indonesia membuat versi serial populer ini jauh sebelum Korea membuat BBF. Tapi berbeda dengan tiga versi lainnya, versi Indonesia yang diberi judul "SIAPA TAKUT JATUH CINTA" ini tidak terlalu populer bahkan di Indonesia sendiri. Versi Jepang serial ini meskipun tidak booming di Asia tapi masih cukup populer di negara asalnya.

Miris sebenarnya melihat kenyataan ini. Padahal, Indra L. Bruggman tidak kalah ganteng dengan tiga pemeran tokoh utama di serial ini, begitu juga Leoni yang menurut saya sangat mirip dengan pemeran Shan Cai pada MG. Entah apa masalahnya? Tapi sebagai orang yang melihat ke-empat versi serial ini plus membaca komiknya juga versi Indonesia memang paling mirip dengan MG yang merupakan versi Taiwan. Sementara BBF yang produksi Korea jauh lebih mirip ke versi aslinya di komik.

Kim Hyun Joong dalam sebuah wawancara bilang bahwa dalam rangka mempelajari perannya di BBF dia sengaja membeli (dan membaca!!) komik Hana Yori Dango yang terdiri dari 37 buku masing-masing sebanyak 2 buah sehingga dia bisa membacanya saat di rumah atau saat bepergian karena merasa perlu untuk mempelajari karakter Rui yang diperankannya mengingat ini adalah pengalaman pertamanya bermain dalam sebuah film.

Pertanyaannya, apakah Steve Emmanuel yang memerankan peran yang sama di versi Indonesia melakukan hal yang sama?? Atau hanya skenario patokan yang dipakai tanpa merasa perlu mempelajari karakter peran melalui referensi lain yang mungkin didapat? Entahlah. Saya sendiri tidak terlalu yakin kalau saat itu Steve Emmanuel yang merupakan 'wajah baru' di layar kaca Indonesia tahu bahwa karakter yang diperankannya berasal dari sebuah karakter komik terkenal yang tercatat sebagai salah satu komik paling laris di Jepang sepanjang masa.

Seandainya dia tahu, mungkin dia akan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Kim Hyun Joong sehingga melahirkan dua buah award sebagai aktor terbaik plus seleb Korea paling di banyak dicari di Internet saat ini karena kepopulerannya. Tapi apa mau dikata. Seandainya...seandainya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar